Kamis, 14 Juni 2012

teknologi jaringan komputer dengan CISCO dan Huawei

setelah kurang lebih satu sathun kga ngeblog lg skarang mulai lagi.sok ah dimulai.
disini saya akan menuliskan tentang Cisco dan Huawei materi seminar  pada tanggal 26 mei 2012.
mungkin udah pada tau jaringan komputer itu kaya gimana pasti udah jago semua, adapun permaasalahan pada jaringan komputer yang sering dialami adalah Virus, Intrusi dari luar, pembatasan akses di LAN, routing, Looping. ada berbagai cara untuk mengatasi masalah jaringan diantaranya setiap jenis jaringan memiliki masalah-masalah yang berbeda satu sama lain. semakin besar suatu jaringan maka semakin kompleks permasalahan yang ada. ada beberapa jenis jaringan berdasarkan besar perusahaan yaitu SOHO (Small Office / Home Office), Medium Office, Large Office dan  Enterprise.
kenapa menggunakan Cisco?

  • Standard de facto perangkat jaringan dindonesia
  • mendukung akses jaringan yang sangat besar
  • merupakan penyedia perangkat jaringan nomor satu di dunia
kenapa menggunakan Huawei?
  • Memiliki command yang hampir sama dengan Cisco
  • memiliki harga yang bersaing dengan perangkat sejenis
  • memiliki dukungan akses jaringan yang cukup besar
teknologi jaringan yang berkembang untuk device diatas antara lain Vlan & Trunking, STP, Routing Protocol, Access List, NAT & PAT dan WAN

sebuah  kepercayaan yang dapat diterima dari perusahaan dimana seorang pelamar kerja memilikinya. sebagai jaminan bahwa seseorang mampu dan bisa menggunakan perangkat jaringan tersebut maka dibuatlah sertifikas. ada beberapa sertifikasi yang dikeluarkan untuk Cisco dan huawei antara lain CCNA(Certified Cisco Network Associated), CCNP (Certified Cisco Network Professional), CCIE (Certified Cisco interNetwork Expert) dan  HDCA (Huawei Certified Datacom Associate), HCDP (Huawei certified Datacom Professional).
nah itu adalah sertifikasi yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan Khususnya bagian IT.
kabarnya bagi yang sudah memiliki sertifikat Cisco dapat Langsung mendapatkan sertifikat dari Huawei karena dari segi konfigurasi sama.
sekian terimakasih